Jumat, 15 Februari 2013


Foto bayi Gaza tewas menang World Press Photo


Foto bayi Gaza tewas menang World Press PhotoJumat, 15 Februari 2013 21:00:00

Foto Pemenang World Press Photo 2013. ©worldpressphoto.org

Sebuah foto yang memperlihatkan dua bayi tewas sebab serangan rudal Israel di Kota Gaza hari ini memenangkan penghargaan tertinggi dalam kontes bergengsi tahunan yang diadakan World Press Photo. Foto itu diambil oleh Paul Hansen, juru foto dari surat kabar asal Swedia, Dagens Nyheter.
Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Jumat (15/2), foto itu memperlihatkan sekelompok pria sedang membawa tubuh dua bayi Palestina sudah terbungkus kafan, Suhaib Hijazi (2 tahun) dan kakaknya, Muhammad (3 tahun). Mereka membawa keduanya ke sebuah masjid untuk diadakan upacara pemakaman.
"Kekuatan foto itu terletak di penggambaran ekspresi wajah yang memperlihatkan kemarahan dan kesedihan dari para pria, yang sangat terlihat kontras dengan wajah bayi tewas itu yang menunjukkan ekspresi tidak berdosa," kata salah satu anggota juri, Mayu Mohanna.
World Press Photo atau Foto Jurnalistik Dunia adalah organisasi non profit yang bergerak secara independen. World Press Photo didirikan pada tahun 1955 di Belanda dengan kantor pusat operasionalnya di Ibu Kota Amsterdam.
Setiap tahun, World Press Photo menyelenggarakan lomba foto jurnalistik yang dianggap terbesar dan paling bergengsi di dunia. Karya-karya foto yang menjadi pemenang dipamerkan keliling dunia, yang dikunjungi jutaan penonton di 35 negara saban tahunnya.
Karya-karya pemenang juga dimasukkan ke dalam Buku Tahunan World Press Photo yang diterbitkan setiap tahun dalam enam bahasa.
http://www.merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar